​Lakukan Ini Jika Hatimu Terasa Sempit

Syeikh Muhammad bin Sholeh Al-Munajid berkata,
“Di antara salah satu sebab lapangnya hati serta hilangnya rasa sempit di hati adalah dengan engkau berbuat baik kepada saudaramu sesama muslim, karena sesungguhnya balasan dari memberikan manfaat kepada orang lain itu disegerakan.
Segera lakukanlah hal ini jika hatimu terasa sempit.”
Tanesia B hafidzahullah

Bagaimana doa kita ketika melihat orang lain terkena musibah

​Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

 

“Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan:
اَلْـحَمْدُ للهِ الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً
(segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya)
Niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah tersebut sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya” (HR. Tirmidzi: 3431 dan Ibnu Majah: 3898)

​MUSTAJABNYA DOA NABI YUNUS ALAIHI SALAM

Mustajabnya do’a Nabi Yunus ‘alaihis salam ini pernah disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَه

ُ

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: 
LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN 
(Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505)
Kenapa do’a Nabi Yunus mudah diijabahi?

Karena dalam do’a beliau tersebut terdapat pengakuan pada ketauhidan Allah ‘azza wa jalla dan pengakuan terhadap setiap dosa, kesalahan dan kezholiman yang diperbuat diri sendiri.
Intinya dalam do’a Dzun Nuun ini ada tiga keistimewaan:
1. Pengakuan tauhid.

2. Pengakuan akan kekurangan diri.

3. Berisi permohonan ampun (istighfar) pada Allah
Jadi awalilalh setiap doa apa saja dengan doa Dzun Nuun ini, niscaya doa tersebut akan diijabahi dengan izin Allah. 
Yakinlah!
Sumber: RumayshoCom

​::.Bumi Menjadi Saksi (pada hari Kiamat-red) bagi Orang yang Rajin Berdzikir.::

Ibnul Qayyim berkata, “Orang yang senantiasa berdzikir di jalan, di rumah, di lahan yang hijau, ketika safar, atau di berbagai tempat, itu akan membuatnya mendapatkan banyak saksi di hari kiamat. Karena tempat-tempat tadi, semisal gunung dan tanah, akan menjadi saksi baginya di hari kiamat. 
Kita dapat melihat hal ini pada firman Allah Ta’ala,
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا (1) وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا (2) وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا (3) يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا (5
“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.” (QS. Az Zalzalah: 1-5)”. Lihat Al Wabilush Shoyyib, hal. 197.
Sumber: https://muslim.or.id/20170-tafsir-surat-al-zalzalah-gempa-bumi-yang-dahsyat-pada-hari-kiamat.html

​Nikah itu ya kudu siap sengsara

Bahkan jika calon suami seorang milyuner,
Kalau Allah sudah berkehendak “Kun fayakun”,

Bisa jadi uang sepeser pun tak ada.

Bukti nyata?!

Banyaak.
Jadi kalau persepsimu nikah itu bahagiaaa terus, pergi aja gih ke surga!

Lagian pede banget yak bisa masuk surga?!
Di dunia? 

Ya ini tempatnya ujian non…

Waktu kita ngumpulin bekal sebanyak-banyaknya.
Capek. Ngurusin rumah. Anak-anak. Bosan. De el el
Sama mak…

Namanya aja udah ga single.

Kalau mau free ya udah ga usah nikah.

Yakin bisa?!

Susyeh… 

Mau pacaran, udah ngerti haram. 

Mau single terus, galau ga ada sandaran.

Trus maumu gimana?
Nikah itu ya kudu siap lahir batin…

Siap jadi istri yang harus melayani suami,

Siap jadi ibu yang harus ngurusin anak-anaknya

Siap jadi pengelola rumah yang harus menjaga harta suami dan rumahnya…

Capek itu pasti.
Tapi ingat…

Pintu surga menanti dibuka bagi siapa saja yang ikhlas melakukannya…

Ayoo… perbarui niatan kita lagi ya mak… 🙂

Kadang memang kita harus ikut taklim biar diingatkan kembali, sama ustadz atau sama teman2 ngaji…
Eniwei bahagia itu juga ada hubungannya sama hati loh
Jujur deh, meski seharian ngepel, setrika, cuci baju, piring, ngurus anak dll 

Tapi kalau suami perhatikan kita,

Pas jam makan siang dia whatsapp atau telpon nanya apa sudah makan, 

Atau tetiba ada pesan cinta,

Mau ngalah pas lagi ada masalah,

Rasanya itu… 

yang ada cuma bunga2 beterbangan hehehe
Orang kaya juga kalau ga punya etika sama istri,

Jauh jauh dah dari bahagia…

Banyak tuh contohnya.
***
Jadiii…

Nikah itu bahagia atau tidaknya ga harus nunggu punya rumah, mobil mewah, pakaian mewah…

Kalaupun iya, paling cuma sementara…
Hati kita yang bisa merasakannya,

Kalau istri, ya berarti suami musti pintar2 memperhatikannya…

Kalau suami, ya berarti istri harus taat perintahnya, asal sesuai syariat, serta cerdas melayaninya…

Daan,

Itu cuma bisa diwujudkan oleh orang2 yang berilmu dan beriman kepada Allah.

Maaf ya, ga ada dalil, cuma intisari hadits ajah, mau copas sanad dan matannya rempong hehe 
– intisari hadits wanita bisa masuk pintu surga mana saja karena salah satunya melayani suaminya

– intisari hadits kekayaan bukan dari banyaknya harta tapi dari hati
Yogyakarta, 14 Juli 2016

Ummu Hilma

☀☀ *BELUM SELESAI* ☀☀

✍🏻 *Ustadz DR. Syafiq bin Riza Basalamah MA,* _hafidzohulloh_

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

_Akhi/Ukhti_

Ingat Ramadhan belum usai

Jangan berhenti sebelum kakimu menginjak garis finish!

Seorang alim ulama’ berkata;

:العبرة بكمال النهايات لا بنقص البدايات.
*_”Yang menjadi ukuran adalah kesempurnaan penutupnya_*

*_Bukan kekurangan yang terjadi di permulaannya”_*

jangan terbalik!
Awal2 ramadhan semangat
Akhirnya loyo…

Ayo semangat!
Siapa tahu malam ini atau malam-malam yang masih tersisa adalah malam lailatul qadr

*Rasulullah* _shallahu alaihi wa sallam_ tidak keluar dari tempat I’tikafnya, sampai benar2 kakinya mencapai garis

*FINISH*

Yang mudik tetap dijaga lisannya untuk selalu basah dengan _dzikrullah_

Yang belum khatam qur’annya…
Pending semua aktivitas yang bisa dipending, usahakan sebelum terbenam mentari di akhir ramadhan tahun ini, kecuali kau sudah mengkhatamkannya

*إِنْ شَاءَ اللّه*ُ.
Bisa

Asalkan niat dan berazam

Ingat belum saatnya menebar, ucapan selamat

Karena kau belum mencapai finish

***

🌐Sumber: BBG Al-ilmuCom dg sedikit editan